Rabu, 28 Oktober 2009

Bertekad Basmi Cybercrime Di Indonesia
Minggu, 11/10/09 00:31:41 AM


Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky Lab

Jakarta, RMexpose.Kejahatan di dunia maya (cybercrime) semakin merajalela. Eugne Kaspersky, pendiri Kaspersky Lab, salah satu vendor keamanan internet terkemuka ini siap memberantasnya. Salah satunya dengan membantu aparat kepolisian Indonesia untuk melawan cybercrime.

Sebagai pendiri vendor kema­nan internet, Eugene sudah se­pan­tasnya kejahatan seperti ini dibe­rantas secepatnya. “Cyber­cri­me bisa merugikan banyak pi­hak,” te­gas Eugene.

Menurutnya, Indo­nesia meru­pakan pasar potensial untuk me­ngembangkan industri cyber. Begitu juga dengan pro­duk-pro­duk yang dikembangkan Kas­persky. Salah satu bentuk ko­mit­mennya, Kaspersky me­ngun­jungi Indonesia seba­gai negara pertama dalam kun­jung­an ke beberapa ne­gara di Asia Tenggara.

Menurut Kaspersky, cyber­cri­me bisa mematikan perkemba­ngan in­dustri cyber, tidak hanya di Indo­nesia tapi juga di dunia. Se­lain kerja sama dengan aparat pe­negak hukum, Kaspersky siap men­jalin hubungan dengan be­berapa negara seperti Brasil, Ru­sia, negara-negara Eropa, China serta Amerika Serikat.

Kaspersky merasa bangga ka­rena kerja kerasnya didukung ba­nyak pihak. “Kami telah mem­bantu memenjarakan beberapa pelaku kriminal di dunia maya,” aku Kaspersky.

Bentuk bantuan yang dila­ku­kan Kaspersky dengan ke­po­lisian sebagai analisator terha­dap mal-ware. Atau jika pi­hak ke­po­lisian mengirimkan da­ta-data tentang cybercrime, Kas­persky ber­sama timnya akan menganalisa.

Dia juga menceritakan bebe­rapa kejadian menarik yang di­ala­minya saat menangani ka­sus ke­ja­hatan dunia maya. “Di lab saya, per­nah ada satu kom­puter asing. Saya sempat kaget. Ter­nyata itu kom­puter sitaan yang sedang di­analisa,” ujarnya.

Berbagai pengalaman menarik lain­nya terkait upaya Kas­persky membantu meme­rangi cyber­­crime turut dialaminya. Ke­se­dia­an bos Kaspersky un­tuk mem­­ban­tu Polri memera­ngi cyber­­cr­ime ini cukup men­g­gem­­bi­ra­kan, mengingat dia merupakan sosok pengusaha IT kawakan. TYA

Tidak ada komentar: